Apple Rilis iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR

iphone xs

image: inverse.com

.
Apple akhirnya merilis 3 varian iPhone nya, iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR. Peluncuran ini tidak terlalu mengejutkan karena rumor – rumor tentang hal ini telah beredar di dunia maya sebelumya. Seperti update seri “S” sebelumnya (iPhone 5 ke 5S, iPhone 6 ke 6S), secara desain tidak ada yang berubah pada iPhone XS ini. Kita akan sangat sulit membedakan antara iPhone X dan iPhone XS, kecuali jika kalian memiliki varian dengan warna Gold, karena hanya iPhone XS yang memiliki varian warna ini. Meskipun desainnya tidak berubah, Apple tetap melakukan beberapa upgrade untuk seri “S” ini.


IP68
Berbeda dengan iPhone X, baik iPhone XS maupun iPhone XS Max kini telah dibekali dengan sertifikasi “water proof” IP68, yang artinya pengguna bisa menenggelamkan iPhone ini ke air kedalaman 2 meter selama 30 menit.
.
Procesor A12 Bionic
iPhone XS dan XS Max dipersenjatai dengan chip terbaru A12 Bionic dengan kinerja lebih cepat ketimbang A11. Berkat chip tersebut, iPhone XS mampu memberikan performa lebih baik bersamaan dengan fitur anyar iOS 12, seperti AR (Augmented Reality), Memoji, dan shortcut Siri. Apple mengklaim bahwa processor ini mampu meningkatkan performa iPhone XS 15% lebih cepat dan pengefisienan daya sebesar 40% dibanding pendahulunya iPhone X.
.
Kamera
Pada sektor kamera, iPhone XS kembali dibekali Dual kamera beresolusi 12 MP dengan konfigurasi lensa wide angle (F/1.8) dan telephoto (F/2.4). Kedua nya telah dilengkapi dengan Optical Image Stabilizer (OIS). Sementara untuk kamera selfie dipersenjatai dengan kamera beresolusi 7 MP, Sensornya diklaim lebih cepat dan bukaannya F/2.2. Dengan teknologi Image Signal dan Nueral Engine, hasil selfie bisa ditingkatkan lebih maksimal. Semua kamera tersebut menggunakan sensor baru yang mampu mendukung fitur Smart HDR.
.
Dual-SIM
Mungkin fitur ini bukan merupakan fitur yang istimewa lagi untuk pengguna Android. Tapi untuk sebuah iPhone, Dual-SIM merupakan sesuatu yang baru. iPhone XS/XS Max dilengkapi dengan Dual SIM yang dapat aktif secara bersamaan, atau apple menyebutnya dengan Dual SIM Dual Standby (DSDS). Konfigurasi Dual SIM ini sedikit berbeda, dimana satu slot SIM standar biasa dan satu SIM Elektronik (eSIM). Konfigurasi Dual SIM tersebut sepertinya tidak berlaku untuk semua negara, karena mengingat masih banyak negara – negara yang belum support untuk penggunaan eSIM. Jadi kemungkinan Apple akan tetap akan memproduksi iPhone XS/ XS Max dengan konfigurasi Dual SIM standar untuk negara – negara tertentu.
.
Secara umum itu tadi beberapa peningkatan yang dilakukan Apple terhadap iPhone generasi beru mereka. Meskipun masih ada beberapa peningkatan di sektor lain seperti, Face ID yang lebih cepat, stereo speaker yang lebih baik, wireless charging yang lebih baik, dll.
Dengan beberapa peningkatan tersebut, iPhone XS dijual dengan harga mulai $999, atau sekitar 15 juta rupiah, sedangkan iPhone XS Max dengan dimensi yang lebih besar dijual harga mulai $1099 atau sekitar 17 juta rupiah. Keduanya dipasarkan dalam 3 varian warna, Gold, Silver, dan Space Grey dengan pilihan storage 64GB, 256Gb, dan 512Gb.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.