Cara Mudah Klaim BPJS Ketenagakerjaan Online

image: sepulsa.com
.
Dewasa ini, BPJS Ketenagakerjaan sudah menjadi hal yang tidak asing lagi di telinga, terutama bagi pekerja/karyawan. BPJS Ketenagakerjaan menjadi salah satu fasilitas yang didapatkan oleh hampir semua karyawan. Saat kita resign, PHK, atau sudah tidak bekerja dan ingin klaim uang BPJS Ketenagakerjaan, bagaimana sih caranya?

.
App Lovers, berikut Dear Apps share cara mudah klaim BPJS Ketenagakerjaan online atau e-Klaim. Kenapa memilih online? Karena lebih praktis, tidak butuh waktu lama untuk proses klaim, dan tentu saja tidak perlu antre panjang di kantor BPJS Ketenagakerjaan. e-Klaim bisa dilakukan dengan mengunjungi tautan ini atau dengan menginstall aplikasi BPJSKU. Kali ini, Dear Apps mencoba untuk klaim via aplikasi. Setelah proses install BPJSKU, kita diharuskan memasukan data pribadi seperti NIK dan Nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan. Selanjutnya kita akan “berjumpa” dengan 3 menu penting di aplikasi ini:
>
  1. Riancian saldo, untuk melihat dari mana saja asal pemasukan.
  2. Lihat kartu dan saldo, untuk melihat data kartu dan saldo
  3. Klaim saldo JHT, untuk melakukan e-Klaim.
.
Nah, untuk proses e-Klaim, silakan pilih menu ke-3. Pihak BPJS akan meminta kalian mengunggah beberapa data penting. Data yang dibutuhkan, yaitu:
.
  1. Scan/foto buku tabungan
  2. Scan/foto kartu BPJS Ketenagakerjaan
  3. Scan/foto identitas (KTP/Paspor)
  4. Scan/foto KK
  5. Scan/foto Surat Keterangan kerja dari perusahaan
.
Setelah dokumen lengkap dan dikirim, kita tinggal duduk manis dan menunggu instruksi selanjutnya dari BPJS, (dikirimkan via email). Dear Apps mendapakan balasan dari BPJS Ketenagakerjaan (Cab. Yogyakarta) kurang dari 24 jam setelah kirim data. Di email ini, merek meminta pemohon e-Klaim untuk mendatangi kantorBPJS Ketenagakerjaan maksimal 7 hari setelah email diterima dengan membawa syarat berikut:
.
  1. Print email dan lampiran yg didapatkan dari BPJS Ketenagakerjaan
  2. Kartu BPJS Ketenagakerjaan asli,
  3. Fotocopy identitas (KTP/Paspor) dan menunjukan aslinya,
  4. Fotocopy KK dan menunjukan aslinya,
  5. Fotocopy Surat Keterangan Kerja dari perusahaan dan menunjukan aslinya
.
Data lengkap semua? Cuussss.. ke kantor BPJS Ketenagakerjaan! Langsung infokan ke security mau e-Klaim, (kalian akan diarahkan untuk mengumpulkan dokumen di loket khusus). ingat ya, e-Klaim, bukan BPJS Online. karena antrean online ada sendiri (jadi antriannya ada e-klaim, antrian online, dan antre biasa).
.
Kemudian, silakan kumpul dokumen dan menunggu nama dipanggil, verifikasi data, dan selesai! Dear Apps butuh waktu kurang dari 15 menit untuk menyelesaikan proses Verifikasi data (cepet ya!). Di sisi lain, uang klaim akan dikirimkan ke rekening kalian max. 5 hari kerja.  Dari pengalaman, kami menerima uang klaim H+1 setelah datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan.
>
Nah, mudah bukan caranya? Kalau ada yang ingin ditanyakan, bisa reply di komentar ya App Lovers!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.